Jelang Nataru, Dispopar Adakan Pengawasan Destinasi Pariwisata

Kanigaran – Libur hari raya natal dan tahun baru hampir tiba. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo pun melakukan persiapan untuk menghadapi masa liburan tersebut. Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung baik di destinasi wisata dan amenitas pariwisata lainnya, seperti hotel, restoran dan lain sebagainya. Maka, pada Kamis (7/12) Dispopar melakukan monitoring dan evaluasi pada beberapa industry dan destinasi pariwisata yang ada di Kota Probolinggo.

Terbagi dalam dua tim, tim pertama akan menuju beberapa industry pariwisata, sedangkan tim dua akan melaksanakan monev di beberapa destinasi wisata yang telah ditentukan. Industry pariwisata yang dituju adalah Hotel Ratna, Hotel Bromo Park dan Restoran Savana, Wijaya Billiard dan JnC Resto, Whizzmie, dan kafe Barrel. Sedangkan untuk destinasi wisata yang didatangi adalah Beejay Bakau Resort (BJBR), Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), Papua Waterpark, dan Pantai Permata.

Menurut Nur Aini, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif pada bidang Destinasi Pariwisata Dispopar mengatakan bahwa monev kali ini lebih menitikberatkan pada fasilitas yang ada di setiap destinasi. “Melakukan pemantauan dan pengawasan yang ketat terhadap destinasi pariwisata untuk memastikan keamanan pengunjung saat adanya kegiatan pertunjukan hiburan ataupun saat menggunakan fasilitas-fasilitas atau wahana-wahana terutama wahana permainan serta memastikan keberadaan himbauan atau petunjuk rawan bahaya di lokasi yang rawan bencana dan rawan timbulnya kecelakaan,” katanya.  Selain itu juga untuk mencegah penggunaan dan peredaran NAPZA serta minuman beralkohol.

Pengawasan destinasi dan industri pariwisata ini merupakan kegiatan rutin Dispopar. “Dispopar mempunyai tim pengawas industry pariwisata, dan melibatkan pihak-pihak terkait,” tambah Aini. Selain Dispopar, tim pengawas terdiri dari Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820, Denpom Kota Probolinggo, Dinas Kesehatan, DLH, Bakesbangpol, Bagian Hukum, Diskominfo, Satpol PP, DKUP, BPBD, dan BPPKAD. (antz/dispopar)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami dispopar@probolinggokota.go.id

× Apa yang bisa kami bantu?