Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Wali Kota, Dispopar Adakan Tampilan Kesenian

Kedopok- Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo ikut memeriahkan refleksi dua tahun kepemimpinan wali kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin. Hal tersebut diwujudkan dengan menampilkan tarian dan menyanyikan lagu-lagu yang menggambarkan kota Probolinggo yang dibawakan oleh kelompok seni Wirojalu, binaan dari Jati Kampung Seni (JKS). Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, Sekretaris Daerah Ninik Ira Wibawati, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setiorini Sayekti, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan camat se-kota Probolinggo.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota menjelaskan beberapa pencapaian disektor pariwisata yang diraih selama dua tahun kepemimpinannya. “Jalan masuk ke Pantai Permata sudah bisa diakses oleh kendaraan roda empat, penerangan jalan dengan pemasangan solar cell, dan bagaimana kita mengenalkan Pantai Permata dengan camping bersama wali kota dan kepala OPD,” kata wali kota. Selain itu, wali kota juga menjelaskan bahwa masih banyak potensi wisata yang harus dikenalkan kepada masyarakat luas. “Misalnya, Sumber Sentong, sekarang sudah mulai dikenal masyarakat luas, padahal tempat itu sudah ada sejak saya masih kecil, maka dari itu semua harus bekerjasama, agar destinasi wisata lainnya juga bisa dikenal oleh masyarakat luas,” katanya.

Dia juga mendorong masyarakat untuk bisa mengembangkan daerah sekitarnya dan menjadikannya destinasi wisata yang unik dan menarik. “Sekali lagi, semua harus bekerjasama untuk mewujudkan peningkatan sektor pariwisata, kami juga mengajak masyarakat untuk betul-betul mencintai Kota Probolinggo,” kata Habib Hadi. Selain itu, wali kota juga menginstruksikan untuk menyiarkan lagu-lagu yang menggambarkan Kota Probolinggo di radio Suara Kota sehingga dapat menimbulkan rasa cinta kepada Kota Probolinggo. Selain itu, dia juga mengharapkan agar masyarakat maklum akan kondisi pandemi saat ini. “Tahun kemarin masih bisa dilaksanakan dengan meriah dengan melibatkan pelaku seni, tapi dengan kondisi pandemik seperti ini kita tidak bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa, maka ini harus jadi pemahaman bersama,” katanya.

Penampilan sanggar Wirojalu dalam Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin

Dalam kegiatan ini pula, kepala Dispopar, Budi Krisyanto mengatakan bahwa selama dua tahun kepemimpinan Habib Hadi, Dispopar telah berusaha untuk menjalankan program dan kegiatan yang berada dalam ranah Dispopar sebaik mungkin. “Kami terus berupaya untuk mengembangkan destinasi wisata, pemasaran wisata, pembinaan olahraga dan kepemudaan,” katanya. Terkait dengan pemberdayaan ekonomi melalui sektor pariwisata dan mewujudkan destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal, Dispopar telah melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM. “Kami telah melaksanakan berbagai pelatihan-pelatihan seperti pelatihan tata kelola destinasi wisata, pelatihan manajemen homestay, pelatihan pembuatan paket wisata untuk para Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), pengelola homestay, dan lainnya,” katanya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di GOR Mastrip pada hari Minggu (31/1) ini, Wirojalu menyanyikan lagu-lagu seperti Sumber Sentong, Pantai Permata, Ijo Royo-Royo, dan lain sebagainya. Selain dihadiri undangan terbatas, kegiatan ini juga disiarkan langsung pada akun resmi pemerintah kota Probolinggo. (antz/dispopar)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami dispopar@probolinggokota.go.id

× Apa yang bisa kami bantu?