Rencanakan Paket Wisata Terintegrasi, Bakorwil Kunjungi Kota Probolinggo

 

Mayangan – Pemerintah Kota Probolinggo benar-benar ingin mewujudkan kerjasama antar kabupaten/kota se-Bakorwil V Jember, dalam hal ini kerjasama dalam sektor pariwisata. Bakorwil V Jember berinisiatif untuk membuat paket wisata yang terintegrasi dan melingkupi seluruh kabupaten/kota yang berada dalam naungan Bakorwil V Jember. Hal tersebut sudah diwacanakan sejak tahun lalu dengan diadakannya pertemuan zoom meeting di Kota Probolinggo dan dilanjutkan dengan pertemuan di Kabupaten Situbondo. Dan awal tahun ini, Bakorwil V Jember dan beberapa pejabat dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kota Probolinggo pada hari Kamis (18/02).

Bertempat di Puri Manggala Bhakti, rombongan diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan, Paeni sebagai wakil dari wali kota Probolinggo yang sedang bertugas di Jakarta. “Sebelumnya, kami menyampaikan permohonan maaf dari wali kota karena beliau masih di Jakarta dalam rangka pengurusan pembangunan rumah sakit baru,” jelas Paeni. Setelah itu, dia menjelaskan tentang pariwisata yang ada di Kota Probolinggo. “Kota Probolinggo mempunyai beberapa destinasi wisata, diantaranya museum Probolinggo yang mempunyai koleksi beberapa barang peninggalan Rasulullah dan para sahabat, pantai permata, dan BJBR yang sudah dikenal baik oleh wisatawan dalam negeri maupun internasional,” katanya.

Dia juga menambahkan Kota Probolinggo mempunyai sepuluh cagar budaya yang ditetapkan pada tahun 2012, dan kami juga mempunyai koleksi batik kuno yang dulunya disimpan di museum Tropen, Belanda. “Kota Probolinggo juga mempunyai budaya khas yang menarik, seperti tarian Lengger, dan Jaran Bodhag yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa Kota Probolinggo mendukung adanya rencana penyusunan paket wisata yang melibatkan seluruh kabupaten/kota se-Bakorwil V Jember. “Kita harus optimis bahwa pandemi pasti berlalu, dan kita harus bergerak untuk segera menyusun paket wisata ini,” katanya.

Rombongan dari Bakorwil V Jember mengunjungi museum Probolinggo, salah satu destinasi wisata unggulan Kota Probolinggo

Kepala Bakorwil V Jember, R. Tjahjo Widodo menjelaskan dalam kedatangannya kali ini juga membawa pihak Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) yang nantinya akan bekerjasama dengan pihak Dinas Pariwisata kabupaten/kota dalam menyusun paket wisata yang menarik. “Kota Probolinggo akan menjadi kota pertama yang akan dikunjungi, setelah itu kan bisa ke Kabupaten Probolinggo, ke Lumajang, atau langsung ke Jember,” katanya. Dia juga menjelaskan bahwa dalam kunjungan kali ini tidak hanya mengunjungi destinasi wisata, tetapi juga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Probolinggo. “Semoga paket wisata ini bisa menjadi warisan saya selaku Kepala Bakorwil V Jember yang akan purna tugas awal bulan depan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, rombongan akan berkunjung ke Museum Probolinggo, UMKM Pangan Olahan dan UMKM Batik. Rombongan akan bermalam di BJBR dan akan melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Probolinggo. (antz/dispopar)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami dispopar@probolinggokota.go.id

× Apa yang bisa kami bantu?