Talkshow di Suara Kota, Dispopar Jabarkan Ekonomi Kreatif

Mayangan – Pemerintah Kota Probolinggo selalu mengkomunikasikan seluruh program dan kegiatan yang dilakukan agar diketahui oleh masyarakat. Dalam hal ini, Pemkot menyuarakannya dalam acara Talkshow yang digelar di Radio Suara Kota. Talkshow merupakan kegiatan rutin dan seluruh dinas akan bergiliran untuk menjelaskan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kali ini, Selasa (16/02), giliran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo untuk memaparkan kegiatan yang ada di Dispopar.

“Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep bidang perekonomian dengan mengutamakan kreativitas dan informasi,” katanya. Terdapat 16 sub sektor yang termasuk dalam ekonomi kreatif diantaranya aplikasi dan pengembangan permainan, arsitektur, desain produk, fashion, desain interior, seni pertunjukan, fotografi, kuliner, musik, seni rupa, televisi dan radio.

Selaku dinas yang mempunyai tugas dan fungsi dalam hal ekonomi kreatif, Dispopar telah melakukan berbagai kegiatan untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Probolinggo, diantaranya pembinaan fotografi, desain grafis, film dan animasi. “Pada tahun 2020, kita melakukan updating data terhadap pelaku ekonomi kreatif, dan didapat sebanyak 42 pelaku ekraf di Kota Probolinggo, yang menjalankan usaha dibidang usaha arsitektur, fashion, fotografi, dan beberapa usaha lainnya,” tambah Kiki.

Untuk tahun 2021, Dispopar berencana untuk melaksanakan festival ekonomi kreatif. “Tentunya pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kondisi pandemik saat ini dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Perlu diketahui, industri kreatif juga menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling terdampak selama pandemi. Pasalnya, omzet dari industri kreatif UMKM di tengah pandemi sangat jauh menurun yang kemudian mempengaruhi kelancaran kredit perbankan di sektor atau industri ini karena Ekonomi kreatif umumnya banyak berhubungan dengan pariwisata, termasuk industri oleh-oleh dan juga barang-barang kerajinan.

“Dengan mengembangkan ekonomi kreatif, kita bertujuan untuk mendorong kiprah para pelaku ekonomi kreatif, mempromosikan hasil karya para pelaku ekonomi kreatif sehingga dikenal masyarakat luas, dan juga bisa menciptakan lokal branding dan bisa menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat,” tutupnya. (antz/dispopar)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami dispopar@probolinggokota.go.id

× Apa yang bisa kami bantu?